Selasa, 17 Juli 2012

Renungan Perjalanan














...
Lose your way
And I will follow
Here today
And here tomorrow
Like my freedom I know
I'll never let you go

[Sophie B. Hawkins - Lose Your Way]

Dalam perjalanan ke suatu daerah, baik ketika kita naik kendaraan pribadi atau pun kendaraan umum seperti travel, bus, kereta api, atau kapal laut, ada kalanya kita tiba-tiba disergap perasaan yang sifatnya sangat personal; kegetiran hidup, harapan, kecemasan, kebahagiaan, kesempatan atau kegagalan.

Jika perasaan itu datang, saya selalu ingin agar suasana perjalanan itu terlukiskan oleh sebuah lagu. Maka itu, dalam folder musik smartphone, selalu saya isi dengan lagu-lagu favorit saya. Dari banyak lagu, mungkin ada beberapa lagu yang mampu melukiskan nuansa perjalanan tersebut.  

Perjalanan tentu adalah bagian dari renik kehidupan. Perjalanan adalah momen terbaik untuk merefleksi kehidupan, merefleksi diri. Bagi saya, refleksi bukan dalam meditasi, namun dalam perjalanan. Bukankah Sokrates pernah menasihatkan kita, bahwa hidup yang tidak direnungi adalah hidup yang tidak layak untuk dijalani.

Jika sedang dalam perjalanan, saya selalu sempatkan melihat lalu-lalang kendaraan, wajah-wajah kelelahan, papan iklan bertaburan, tunggang-langgang orang yang berjalan, membayangkan orang-orang yang kita tinggalkan dan kampung-halaman. Nuansa perjalanan terkadang seperti film kehidupan yang sedang diputar ulang, dan hanya kita penontonnya. Semua itu seperti oase yang memberi senyawa baru agar hidup terus berjalan, agar kita terus melangkah.

Perjalanan adalah pengalaman yang eksistensial. Saya selalu menyukai perjalanan, karena disitu saya dapat bertemu dengan kenangan atau sesuatu yang pernah hilang dan terlupakan. []


# 11 Lagu Perjalanan Terfavorit
Matchbox Twenty – Push
Lifehouse – You and Me
The Pretender – I Will Stand By You  
Trisha Yearwood – How Do I live
Andre Hehanusa – Kuta Bali
Saybia -The Day After Tomorrow
Power Slaves – Bayang
The Calling – Where Ever You Will Go
Carie Underwood – There a Place For Us
Lady Antebellum – Need You Now
Sophie B. Hawkins - Lose Your Way

Poskan Komentar